– 3 Keuntungan Bisnis Online Dropship, Tunanetra Wajib Coba

dua tangan keluar dari layar monitor. satu tangan menyerahkan kartu kredit, satu tangan lainnya menyerahkan sebuah paket belanjaan

Pandemi yang melanda dunia menyebabkan banyak orang kehilangan mata pencaharian dan lebih sulit mencari peluang kerja. Sebagian penyandang tunanetra yang memiliki pekerjaan harian serta jenis pekerjaan yang lebih terbatas pun tak luput dari dampak pandemi yang juga melanda Indonesia. Namun, saat dunia dan masyarakat harus menyesuaikan diri dengan segala aktivitas secara daring, penyandang tunanetra pun dapat memanfaatkannya sebagai alternatif lain mendapatkan penghasilan.

Salah satu peluang yang dapat dimanfaatkan oleh Kawan Pertuni adalah berbisnis online. Tentu saja, dengan gawai yang telah dilengkapi perangkat lunak pembaca layer, menjalankan bisnis online secara mandiri sangat mungkin dilakukan oleh seorang tunanetra. Nah, salah satu bentuk bisnis online yang dapat dijalankan oleh tunanetra adalah bisnis dropship. Bisnis dropship merupakan jenis bisnis online yang minim risiko dan dapat dijalankan dengan modal kecil. Kamu ingin tahu lebih jauh tentang bisnis dropship dan berbagai keuntungannya? Baca informasi berikut,  ya!

Baca juga: Bersama Bohan Food, Pertuni Dorong Lahirnya Pebisnis Andal Tunanetra

1. Banyak pilihan produk yang Bisa Ditawarkan

Sebagai orang yang ingin mencoba terjun di dunia bisnis online, pertama-tama Kawan Pertuni mungkin bisa mencoba menjadi seorang dropshiper. Karena bisnis dropship memiliki beberapa keuntungan yang memudahkan para pebisnis online dalam menjalankan bisnisnya.

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan saat menjadi dropshiper adalah banyaknya pilihan produk yang bisa kamu tawarkan kepada calon pembeli. Kamu bisa menjual berbagai macam produk seperti pakaian, produk kecantikan, alat kebutuhan rumahtangga, dan masih banyak lagi. Dengan kata lain, sebagai seorang dropshiper kamu tidak akan terpatok pada satu produk saja. Kamu bisa menjual 2 produk sekaligus, dengan syarat diantara kedua produk itu masih berhubungan. Seperti produk pakaian dan sepatu.

2. Fleksibel dan Bisa dilakukan Siapa Saja

Selain banyaknya pilihan produk yang bisa Kawan Pertuni jual, keuntungan lain dari bekerja sebagai seorang dropshiper adalah waktu kerja yang fleksibel. Kamu tak perlu merias diri sebelum bertemu calon pembeli, tak perlu khawatir akan padatnya jam kerja, bahkan kamu tak perlu bertemu dengan calon pembeli secara langsung. Kawan Pertuni bisa mempromosikan produk dari rumah sambil melakukan pekerjaan lain. Artinya, pilihan bisnis online seperti ini bisa jadi nilai plus bagi tunanetra karena tidak perlu repot-repot bermobilitas keluar rumah.

Selain itu, bisnis dropship ini juga bisa dilakukan oleh siapa saja. Kawan Pertuni yang masih menempuh pendidikan sebagai mahasiswa, hingga ibu rumahtangga pun bisa mencoba peruntungan di bisnis dropship.

Baca juga: Pelatihan Pre-Employment Soft Skill, Persiapkan Tunanetra Hadapi Dunia Kerja

3. Tidak memerlukan modal besar

Menjalankan bisnis dropship ini tidak memerlukan modal yang besar, bahkan mungkin tanpa modal sama sekali. Kawan Pertuni hanya perlu mempersiapkan koneksi internet, smartphone dan alat pendukung bisnis online lain yang sesuai kebutuhanmu. Seorang dropshiper hanya bertugas mempromosikan produk yang disediakan oleh supplier atau pemasok barang melalui social media. Setelah mendapatkan pesanan dari calon pembeli, seorang dropshiper akan menghubungi supplier untuk memastikan ketersediaan stok produk yang telah dipesan oleh calon pembeli. Jika stok barang tersedia, tugas dropshiper berikutnya adalah menginformasikan alamat calon pembeli. Supplier akan mengirimkan produk pesanan tersebut langsung ke calon pembeli.

Jadi, Kawan Pertuni yang menjadi dropshiper, tak perlu repot dengan pekerjaan mempersiapkan produk, melakukan pengemasan serta pengiriman. Itulah yang menjadikan bisnis dropship sangat cocok bagi tunanetra yang ingin memulai bisnis online. Selain karena hal yang dikerjakan cukup praktis, bisnis dropship juga tidak memerlukan modal yang besar.

Kemudahan yang ditawarkan bisnis dropship dapat membuat siapa pun bisa melakukannya, termasuk penyandang tunanetra. kawan Pertuni yang ingin menambah penghasilan pun juga bisa memulai bisnis dropship ini dengan tetap berada di rumah sambil menjaga protokol kesehatan.  Nah, apakah Kawan Pertuni sedang mencari pilihan pekerjaan lain di masa pandemi? Bisnis dropship bisa menjadi salah satu pilihanmu. Selamat mencoba!

*Nenden Sri Agustina

Kontributor Bandung

Bagikan ke yang lain

About Author

Leave Comment

Back to top