– LOMBA MENULIS ESAI BRAILLE INTERNASIONAL ONKYO KE-18, DILAKSANAKAN OLEH WORLD BLIND UNION ASIA PACIFIC (WBUAP) 2020

logo onkyo internasional

 

Peraturan Lomba

 

Lomba menulis essay braille ini dapat terlaksana berkat dukungan penuh secara finansial dari The Onkyo Corporation Ltd. Sebuah perusahan manufaktur Dari Jepang yang menjamin kualitas peralatan dan perlengkapan audio-visual. Lombah menulis essay Braille ini dilaksanakan dan dikelolah oleh WBUAP. Lomba terbuka untuk semua tunanetra yang telah berusia 14 tahun ke atas, baik tunanetra total maupun low vision yang berdomisili di kawasan Asia Pacific. Akan tetapi, juara pertama lomba menulis essay braille Onkyo dengan hadiah utama the Otsuki untuk tahun 2018 dan 2019, tidak diperkenankan mengikuti lomba tahun 2020 ini.

 

1. Tujuan:

 

1.1. Mempromosikan dan meningkatkan kecintaan terhadap Huruf Braille dengan menumbuhkembangkan kebiasaan membaca dan menulis Huruf Braille di kalangan penyandang tunanetra.

1.2. Mendorong terjadinya pertukaran informasi yang salah satunya tentang social budaya, berbagi pengalaman menarik dan saling menginspirasi sebagai sesama penyandang tunanetra.

 

2. Topik:

 

Peserta dapat memilih salah satu dari 4 topik di bawah ini untuk menjadi topik karangan. Jika peserta menuliskan judul karangan yang berbeda dari ke-empat topik di atas, diminta agar menyebutkan topik apa yang sesuai dengan judul karangan yang telah dipilih.
Berikut ini adalah ke-empat topik yang bias dipilih:

2.1. Jika Huruf Braille Dianggap Masih Relevan bagi Penyandang tunanetra Sekarang Ini, Langkah Apa yang harus Dilakukan untuk Tetap Mempertahankan Fungsi dan Manfaatnya?

2.2. Orang-Orang atau Organisasi yang Membantu Saya Mengatasi Ketunanetraan Saya, Bahkan Membuat Saya Menjadi seseoorang yang Bermanfaat.

2.3. Jika Anda Berkesempatan Memilih atau Menyebutkan Tiga Keinginan, Apa Saja Keinginan Tersebut, dan Mengapa Hal-Hal Itu yang Menjadi Keinginan Anda?

2.4. Peran dan Arti Musik bagi Saya.

 

3. Persyaratan dan Kriteria:

 

Peserta yang mengikuti lomba menulis essay Braille ini berkewajiban mematuhi persyaratan dan kriteria sebagai berikut:

3.1. Kirimkan karangan anda dalam bentuk Huruf Braille, bisa dalam Bahasa Indonesia, atau Bahasa Inggris kepada Panitia Seleksi Onkyo Nasional DPP Pertuni, dengan alamat sekertariat sementara selama masa Covid-19 yaitu ditujukan kepada ibu Siswanti Jl. Menteng Sukabumi, rt 003/03 no. 28kel/kec. Menteng, Jakarta Pusat 10310. Karangan bisa ditulis menggunakan mesin ketik braille sepanjang mendapat persetujuan dari Panitia Nasional.

3.2. Soft kopi dalam bentuk word dapat diemail ke: pertuni.dpp@gmail.com, dengan Subjek: The 18th Onkyo Braille Competition.

3.3. Karangan dalam bentuk huruf Braille dan soft kopy sudah harus sampai di Panitia atau DPP Pertuni paling lambat 15 Mei 2020 (jika salah satu format tidak dikirimkan maka karangan akan di diskualifikasi)
3.4. Setiap peserta hanya bisa mengirimkan 1 (satu) judul karangan, dan karangan sendiri atau asli.

3.5. Akan ada 2 (dua) kelompok umur; yaitu kelompok A: tunanetra atau low vision yang berusia 14 hingga 25 tahun. Adapun kelompok B adalah: tunanetra atau low vision yang berusia 26 tahun ke atas.

3.6. Panjang karangan antara 700 hingga 1000 kata ketika sampai di tangan Panitia Seleksi Tingkat Internasional Onkyo di WBUAP. Karangan yang kurang dari 700 kata atau lebih dari 100 kata, tidak akan diproses.

3.7. Kelengkapan penting yang diminta: informasi berikut harus diserahkan atau dikirimkan bersamaan dengan karangan oleh peserta agar karangan tidak ditolak:

(a) Nama lengkap, sesuai dengan KTP atau dokumen resmi kependudukan.

(b) Umur. Agar panitia, baik di tingkat nasional maupun di tingkat internasional dapat memastikan umur setiap peserta lomba, diminta untuk melampirkan foto kopi KTP, KTAP atau kartu pelajar bersama karangan.

(c) Jenis kelamin (untuk dapat memastikan jenis kelamin peserta, diminta agar peserta mengirimkan foto berwarna ukuran 4×6 dua lembar bersamaan dengan pengiriman karangan).

(d) Status (pekerja, pelajar, ibu rumah tangga, dan lain-lain sebagainya. Jika anda adalah pelajar, atau ibu rumah tangga, tuliskan nama dan alamat sekolah atau lembaga, atau rumah tempat tinggal anda.).

(e) Tuliskan nama, alamat dan alamat email dari Pertuni Daerah atau Pertuni Cabang dimana anda menjadi anggota atau pengurus.

3.8. Panitia Seleksi Onkyo tingkat nasional hanya akan menerima karangan yang tiba di kantor DPP Pertuni paling lambat Hari Jumat, Tanggal 15 Mei 2020. Selanjutnya panitia nasional akan memilih 2 karangan terbaik untuk kelompok A, dan 3 karangan terbaik untuk kelompok B untuk diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris, (kecuali yang ditulis sendiri oleh peserta dalam Bahasa Inggris).

3.9. Keputusan panitia berlaku mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

 

4. Hadiah:

 

Hadiah dalam bentuk uang tunai akan diberikan kepada 7 (tujuh) karangan terbaik yang diterima oleh panitia di tingkat internasional dengan 2 kategori kelompok sebagai berikut:

4.1. Hadiah The Otsuki: $1,000.00 (seribu US dollar) ditambah dengan satu buah plakat. Hadiah ini diberikan kepada 1 (satu) karangan terbaik utama yang dinilai terhadap dua kelompok A dan B.

4.2. Hadiah terbaik: $500.00 (lima ratus US dollar) ditambah dengan satu buah plakat. Untuk hadiah ini, dua buah hadiah masing-masing senilai $500 (lima ratus US Dollar) akan diberikan kepada 1 (satu) orang dari tiap-tiap kelompok usia.

4.3. Hadiah untuk karangan dengan kata-kata yang menginspirasi. Untuk hadiah ini, 4 (empat) hadiah. Dua hadiah masing-masing senilai $200.00 (dua ratus US Dollar) akan diberikan kepada dua karangan dari kelompok A. Adapun dua karangan dari kelompok B akan mendapatkan hadiah senilai $300.00 (tiga ratus US Dollar) masing-masing.

 

5. Hasil:

 

Panitia di tingkat internasional akan mengumumkan para pemenang segera setelah menerima persetujuan atau hadiah dari sponsor, The Onkyo Corporation Ltd., yang diharapkan pada awal November 2020. Jika ada peserta dari Indonesia yang dinyatakan sebagai pemenang pada proses seleksi di tingkat internasional, hadiah dalam bentuk uang tunai akan dikirimkan kepada panitia nasional (DPP Pertuni) untuk selanjutnya disampaikan kepada pemenang tersebut.

 

6. Hak cipta:

 

The Onkyo Corporation berhak atas kepemilikan hakcipta atas semua karangan terbaik yang masuk kepada panitia di tingkat internasional, dan mereka berhak melakukan editing dan/atau mempublikasikan dengan cara mereka pada lembaga yang mereka kehendaki.

Panitia Seleksi Onkyo Tingkat Nasional
Dewan Pengurus Pusat Persatuan Tunanetra Indonesia (DPP Pertuni), Jl. Kramat Sentiong No. 57 A, Jakarta Pusat, 10450.
Telepon: 021-3925671.
Alamat pos sementara selama masa Covid-19 ditujukan pada
Siswanti
Jl. Menteng Sukabumi, rt 003/03 no. 28 kel/kec. Menteng
Jakarta Pusat 10310
HP: 085216322966
Email: pertuni.dpp@gmail.com

(Ivan Ho Tuck Choy),
Chairman,
WBUAP Onkyo Selection Committee 2020.

About Author

Leave Comment

Back to top